Sunday, June 24, 2018

Not Eleven, Twelve, or Thirteen

Masih dalam suasana liburan, karenanya mau ngebahas yang nggak seriusan aja, yaitu film yang ditonton pada Kamis, 21 Juni lalu di Senayan City, berjudul Ocean's 8.

Jika judulnya mengingatkan pada film-film trilogi Ocean's, memang bener, film Ocean's 8 masih ada hubungannya dengan trilogi Ocean's meskipun secara tidak langsung. Hubungannya yaitu lakon utama dari Ocean's 8, Debbie Ocean, adalah adik dari Danny Ocean yang menjadi tokoh utama di trilogi Ocean's. Cuma, yang agak disayangkan, di film ini Danny Ocean dikisahkan telah meninggal dunia di tahun 2018, jadi nggak memungkinkan untuk adanya kolaborasi antara Danny Ocean dengan Debbie Ocean di film, kecuali pada tahun-tahun sebelum Danny Ocean meninggal.

Kisah filmnya juga mirip-mirip dengan serial trilogi Ocean's, hanya di sini semua pelakunya yang berjumlah delapan orang adalah perempuan. Tapi untuk plot kisahnya masih lebih suka dengan yang serial trilogi Ocean's, rumit gitu, di sini kayaknya gampang banget, jadi nggak begitu greget.

Untuk bagus apa enggak filmnya, bagus sih, nggak bikin kecewa juga setelah keluar dari gedung bioskop, singkatnya, simply... bakalan terhibur ;-)

Friday, June 15, 2018

Going for Six

Hari ini, Jumat, 15 Juni bertepatan dengan 1 Syawal 1439 H, jadi hari ini adalah juga Idul Fitri. Mengikuti tradisi sejak dulu di setiap Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Sebenernya untuk soal Idul Fitri lebih suka secara personal sih, cuma aja yang biasa digunakan untuk kirim-kirim message kayaknya lagi ngambek, hehe...

Anyway, bukan mau ngebahas soal Idul Fitri, atau puasa Ramadhan yang udah berlalu tapi mau ngebahas event empat tahunan paling populer di dunia yang baru dimulai kemaren, di hari terakhir puasa Ramadhan, hari ke-29, dan akan berakhir Minggu, 15 Juli nanti, yaitu Piala Dunia, yang resmi dikenal dengan nama FIFA World Cup. Piala Dunia kali ini, yang diselenggarakan di Rusia, adalah yang ke-21 sejak pertama diselenggarakan.

Bukan tergolong sebagai penggila sepakbola tapi mengikuti juga pertandingan-pertandingan dan berita-berita soal sepakbola, simply... biar up to date ;-)

Yang mau dibahas, secara singkat tentunya, yaitu adalah tim yang difavoritkan untuk menjadi juara. Ada beberapa tim yang jadi favorit sih, seperti Perancis, Spanyol, Argentina, dan juga Brazil. Sayang Belanda, Italia, dan Amerika Serikat yang juga tim favorit nggak lolos ke Piala Dunia edisi ke-21 kali ini.

Jadi, tim manakah yang akan menjadi juara Piala Dunia kali ini? Sepertinya tim Brazil. Lho, kok Brazil? Argumentasinya gimana? Tanpa argumentasi sih, hanya menggunakan feeling, jadi jangan pada marah-marah atau protes. Seperti kata Morris Albert, 'nothing more than feelings', tapi nggak usah dilanjut ke 'trying to forget my feelings of love' :-p

Monday, June 04, 2018

Simple Review: Music and Films

Udah agak lama juga ternyata nggak nulis blog, dan karena udah agak lamaan bahasannya agak banyakan juga biar enak. Bahasannya masih nggak jauh-jauh juga dari bahasan tulisan-tulisan sebelumnya, yaitu soal musik dan film.

Untuk musik yang mau dibahas yaitu yang ditonton pada saat Java Jazz Festival, Minggu, 4 Maret lalu dan untuk filmnya yaitu Pacific Rim Uprising dan A Quiet Place yang ditonton pada Rabu, 4 April dan Selasa, 24 April, keduanya di Lotte Shopping Avenue serta Avengers: Infinity War dan Deadpool 2 yang ditonton bulan lalu, Kamis, 3 Mei dan Rabu, 30 Mei masing-masing bertempat di IMAX Gandaria City dan di Setiabudi One.

Java Jazz Festival 2018
Untuk tahun ini yang ditonton di JJF yaitu, Danish Radio Big Band with Curtis Stigers, Incognito Feat. Java All Stars, dan Larry Carlton with Ron King Big Band. Pengen nonton Jhene Aiko juga tapi nggak sempat karena udah kemaleman. Cuma pengen nonton Curtis Stigers dan Larry Carlton sebenernya, tapi karena masih ada waktu luang saat jeda jadinya sempat nonton Incognito juga.

Secara keseluruhan sungguhlah puas dengan penampilan para pemusik yang ditonton, sesuai dengan yang diekspektasikan, apalagi udah tau Curtis Stigers, Larry Carlton, dan juga Incognito sejak lama, jadi boleh dibilang udah ikrib juga dengan lagu-lagunya, seperti misalnya "I Wonder Why" atau "Still a Friend of Mine".

Selama ini belum pernah kecewa saat nonton JJF, jadi kalau nggak ada halangan tentunya akan berkunjung lagi tahun depan.

Pacific Rim Uprising
Merupakan kelanjutan dari film sebelumnya, jadi ini adalah film yang kedua dari serial Pacific Rim. Kisahnya juga masih soal pertempuran antara Jaeger dengan Kaiju. Bagus atau enggak? Bagus juga sih filmnya, cuma jadi pilot Jaeger kok kayaknya ribet banget yak, dan karena pilotnya harus dua orang jadi keduanya harus bisa sinkron supaya bisa mengendalikan Jaegernya. Kalau ada lanjutannya lagi boleh juga.

A Quiet Place
Film yang bikin penasaran buat ditonton setelah baca sinopsisnya. Alur kisahnya nggak dimulai dari awal tapi beberapa waktu setelah awal terjadinya peristiwa, jadi penonton nggak direpotkan untuk soal darimana asal usul makhluk-makhluk misterius yang menyebabkan terjadinya peristiwa itu. Nggak lama kemudian kisah filmnya berpindah waktu hingga sekitar satu tahun setelah peristiwa yang disebabkan oleh makhluk-makhluk misterius itu terjadi.

Jadi, makhluk-makhluk misterius itu akan menyerang apapun, entah manusia, benda, ataupun hewan yang mengeluarkan suara. Oleh karenanya supaya tidak diserang oleh makhluk-makhluk misterius tadi setiap orang yang masih hidup tidak berkomunikasi dengan menggunakan suara, tapi menggunakan bahasa isyarat.

Kelemahan makhluk-makhluk tersebut pada akhirnya diketahui, tapi tidak dikisahkan bagaimana akhir filmnya seperti juga tidak dikisahkan bagaimana awal filmnya, jadi yang nonton hanya bisa mengira-ngira. Suka dengan gaya filmnya karena bikin penasaran. Nggak kecewa nonton filmnya.

Avengers: Infinity War
Buat yang mengikuti serial Marvel Cinematic Universe (MCU), ini adalah film yang ditunggu-tunggu karena Avengers yang terlibat banyak dan yang pasti seru. Di serial yang kesembilan belas ini musuh dari Avengers adalah Thanos yang awalnya mulai diperkenalkan pada The Avengers yang serial keenam.

Tapi di sini Avengers-nya terpisah-pisah jadi tidak bisa menyatukan kekuatan untuk melawan Thanos yang kuat banget. Belum lagi soal perseteruan internal antara Iron Man dengan Captain America yang ternyata masih belum beres juga, makanya di filmnya Iron Man nggak pernah ketemuan dengan Captain America, keduanya bertempur di tempat yang berbeda untuk melawan Thanos. Udah gitu, entah kenapa, Bruce Banner nggak bisa berubah jadi Hulk, makin kacau dah, hehe...

Selain Avengers, Guardians of the Galaxy ikut bergabung juga, maklum Thanos bukan penduduk bumi, jadi semesta juga ikut terlibat.

Di akhir kisah cukup banyak Avengers yang melenyap, antara lain seperti Black Panther, Winter Soldier, Doctor Strange, Spider-Man, Scarlet Witch, termasuk juga Star-Lord, sementara Thanos tampaknya lagi asyik menikmati sunrise entah di planet mana, bukan Planet Hollywood pastinya, hehe... :-p

Nggak tau apa kriteria yang bikin melenyap dan yang enggak, mungkin secara acak. Lalu, apakah Avengers yang melenyap bisa balik lagi? Harusnya bisa sih, kan ada Time Stone yang biasa digunakan oleh Doctor Strange. Time Stone juga dimanfaatkan Thanos untuk mendapatkan Mind Stone dari Vision karena Mind Stone sebelumnya udah dihancurkan oleh Scarlet Witch, jadi jangan sedih :-p

Selanjutnya, siapa lagi yang bakal melawan Thanos? Apakah Captain Marvel?

Deadpool 2
Kelanjutan dari film Deadpool dan adalah film kesebelas dari serial X-Men. Di sini kisah utamanya yaitu usaha bagaimana mencegah Russell Collins, seorang anak-anak, untuk menjadi pembunuh di masa depan. Yang berusaha mencegah adalah Cable yang berasal dari masa depan tetapi dicegah oleh Deadpool supaya tidak membunuh Russell Collins.

Adegan pada saat masa depan Cable berubah karena Russell Collins yang tidak menjadi pembunuh mirip-mirip dengan adegan di film Back to the Future Part II.

Pada akhir film Deadpool menggunakan alat milik Cable untuk melintasi waktu untuk keperluan dirinya sendiri.

Filmnya bagus, nggak mengecewakan, cuma cukup banyak adegan sadisnya. Penggemar lagu-lagu jadul juga bakal suka dengan filmnya karena Deadpool 2 menggunakan lagu-lagu jadul untuk soundtrack-nya seperti misalnya "All Out of Love" dari Air Supply, "Take On Me" dari A-Ha, dan juga lagu "Tomorrow" yang terkenal dari pertunjukan musikal Annie.

***

Demikian bahasannya untuk musik dan film-film. Dibuat sesingkat dan seringkas mungkin supaya nulisnya, simply... nggak kerepotan ;-)